Telur Asin on the water

|



pengen bikin telur asin sendiri????
kata shafia sih gampiilllll..............
tapi mmg bener gampil banget. semangat bikinnya cause misoa ngefans berat "salt egg" ini dan begitu resepnya kutemukan di milis dan terutama di blognya mbak judith langsung tanpa pikir panjang bikiiiin!!!! punten mbak judith...saya intip caranya yaa...


Telur Asin on the water
Sumber : Dapur Judith

Bahan :
10 Telur bebek
10 sdm garam blok
1 liter air

Caranya:
  1. Cuci telur sampai bersih pake spon kasar
  2. Tata telur di toples
  3. Tuang air yang sudah kucampur garam
  4. Tutup rapat 1 - 2 minggu 
  5. Rebus selama 1 jam atau lebih
versiku aku pake garam halus pikirku biar ga keasinan trus campur dengan air mateng. Tata telur di toples (aku pake sweet savernya tupperware) Begitu air garam dituang jangan heran klo telurnya ngambang ke atas..katanya sih emang begitu...tp tetep aja aku heran. Masuk hari ke 4 satu persatu telur akan tenggelam ke dasar toples. Mungkin artinya air garam dah masuk ke telur. Lucu juga liat tiap hari satu persatu telur tenggelam ...

Kupikir klo diperam lebih lama akan mangsir ternyata aku kebablasan smp 2 minggu daaaannnn setelah kurebus slama 1 jam ternyata keasinaaaan...waaaaaa
Hasilnya???? tetep enak...walau asin tapi mangsirrrr bo...


Next klo bikin lagi garamnya dikurangi 8 sdm saja..dan diperam 1 minggu. Dan tipsnya pada proses rebus merebus bisa ditambah durasinya 1 jam lebihlah...dijamin akan mangsir dan berminyak....